Tahniah  Hari Jadi Ke-64 Provinsi Riau, 9 Agustus 2021 dan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2021. Semoga cepat bangkit dan bebas dari belenggu pandemi. Dirgahayu Provinsi Riau! Dirgahayu Republik Indonesia!***

 

Dubes Malaysia Dan Gubri Bahas Investasi Pariwisata, Pendidikan Hingga Roro Dumai-Malaka

Dubes Malaysia Zainal Abidin Bakar ketika bersilaturahmi dengan Gubri Syamsuar, di Kantor Gubernur Riau, bahas persoalan ekonomi, investasi pariwisata, pendidikan termasuk Roro Dumai-Malaka. (Foto: Dok MCR)

Dubes Malaysia Zainal Abidin Bakar ketika bersilaturahmi dengan Gubri Syamsuar, di Kantor Gubernur Riau, bahas persoalan ekonomi, investasi pariwisata, pendidikan termasuk Roro Dumai-Malaka. (Foto: Dok MCR)

Serantau Riau

Jumat, 25 Oktober 2019

Pekanbaru - serantauriau.news - Duta Besar (Dubes) Malaysia untuk Indonesia Zainal Abidin Bakar bersilaturahmi dengan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar. Pertemuan yang digelar di Kantor Gubernur Riau ini, membahas sejumlah persoalan, mulai dari ekonomi, investasi pariwisata, pendidikan termasuk soal Roro Dumai-Malaka.

Pertemuan yang juga dihadiri Konsul Malaysia Wan Nurshimah Wan Jusoh beserta rombongan ini berlangsung akrab. Dubes negeri jiran tersebut berharap, jalinan hubungan yang sudah terlaksana selama ini dapat lebih dikembangkan lagi di masa akan datang. 

"Kami ini datang selain bersilaturahmi, juga ingin melihat perkembangan pesat yang berlaku di Pekanbaru. Dalam aspek ekonomi juga. Kemudian juga ingin melihat peluang Investasi, perdagangan, perekonomian, pariwisata serta pendidikan tinggi," kata Dubes Malaysia, Jumat (25/10/2019).

Peluang-peluang yang mungkin dapat dicapai lebih banyak lagi mesti digalakkan antarnegara serumpun tersebut. Apalagi banyaknya kesamaan dalam pengembangan peluang usaha antara Malaysia dan Indonesia, khususnya Riau.  

Karena itu, untuk mewujudkannya, Dubes Malaysia ingin ada tindaklanjut ke depannya. 

"Jadi selepas ini kita akan susuli dengan instansi pejabat di bawah Gubernur. Kita coba lebih spesifik kerja sama di masa yang akan datang," ujar Dubes Malaysia.

Sementara Gubri menyatakan berbagai persoalan dibahas baik investasi, pendidikan, pariwisata sudah berjalan baik selama ini. Harapan agar lebih baik lagi ke depan tentu juga bagian dari harapan Riau. 

Dari aspek pendidikan, sedikitnya 200 mahasiswa Malaysia berkuliah di Riau. Pertukaran pelajar, guru dan dosen sudah dilakukan. Begitu juga lainnya dari aspek investasi, Riau juga terus memberi ruang untuk memanfaatkan peluang-puang yang ada. 

Untuk Roro Dumai - Malaka, bagian konektivitas kedua belah pihak yang diharapkan dapat terwujud. Di mana menurut orang nomor satu di Riau ini, Malaka sendiri masih minta jeda, diperkirakan triwulan ketiga 2020, diperkirakan sudah siap.

"Roro Dumai-Malaka. Ini bagian dari konektivitas yang dibahas. Malaka masih minta jeda, diperkirakan triwulan ketiga 2020 sudah siap," papar Gubri seperti dilansir dari paman Pemprov Riau. (MCR/mtr)