serantauriau.news mengucapkan Tahniah Hari Jadi Ke-237 Pekanbaru yang berkembang pesat dari Dusun Payung Sekaki menjadi Senapelan sebagai cikal bakal Kota Pekanbaru, Ibukota Provinsi Riau, 23 Juni 2021.***

 

Manfaatkan Dana Desa Kampung Medan Untuk Peningkatan Ekonomi Keluarga

Pemanfaatan Dana Desa 2019 di Kampung Medan diarahkan pada pemberian bibit kelapa untuk setiap rumah sebagai upaya tambahan ekonomi keluarga. (Foto: Dok Ist)

Pemanfaatan Dana Desa 2019 di Kampung Medan diarahkan pada pemberian bibit kelapa untuk setiap rumah sebagai upaya tambahan ekonomi keluarga. (Foto: Dok Ist)

Serantau Riau

Kamis, 21 November 2019

Baserah - serantauriau.news - Pemanfaatan Dana Desa (DD) oleh Pemerintah Desa Kampung Medan, Kecamatan Kuantan Hilir bisa menjadi referensi bagi desa yang buntu ide memanfaatkan DD untuk kesejahteraan masyarakat desa.

Misalnya, Kamis (21/11/2019), 2.000 bibit kelapa siap tanam dibagikan kepada masyarakat Desa Kampung Medan. Hasilnya, memang belum terasa sekarang, namun dalam tiga atau empat tahun ke depan investasi jangka panjang itu diyakini bisa jadi penghasilan tambahan bagi masyarakat di sana.

Pj Kepala Desa Kampung Medan Irfan Fikri SE mengatakan, peningkatan ekonomi kerakyatan memang menjadi fokus pihaknya selain infrastruktur. Sebab sudah seharusnya peningkatan pendapatan perkapita menjadi sasaran. 

“Kami coba bagikan 2.000 bibit pohon kelapa kepada warga, harapannya bisa ditanam agar menghasilkan,” ungkapnya.

Iqbal Fikri yang juga merupakan tokoh Pemuda Desa Kampung Medan mengaspresiasi kegiatan ini, "Yah Alhamdulillah, ini (bibit kelapa) merupakan bentuk kepedulian dan rasa tanggung jawab sebagai seorang pemimpin dalam mengajarkan masyatakat untuk membedayakan pekarangan sebagai lahan peningkatan ekonomi masyarakat untuk beberapa tahun ke depan," ungkapnya.

Bibit kelapa ini sendiri diperoleh melalui Dana Desa Tahun Anggaran APBN 2019, yang akan diperuntukkan bagi seluruh masyarakat Desa Kampung Medan setiap rumah. 

“Yah, hari ini kita sudah mulai penyaluran, dengan mekanisme disaksikan oleh Kepala Dusun dan para RT RW. Mudah-mudahan program ini berhasil sehingga akan bermanfaat bagi masyarakat tiga atau empat tahun ke depan,” pungkasnya. (SRN)