Selamat Idul Adha, 10 Zulhijjah 1443 H. Semoga kita dapat meneladani ketaatan dan keikhlasan serta kesabaran Ibrahim AS, Ismail AS dan Siti Hajar RA. dalam melaksanakan perintah Qurban. Mohon maaf lahir dan batin. ***

 

"Stocklab Competition" 2020, Mengedukasi Mahasiswa Berinvestasi Lewat Pasar Modal dan Reksadana

Setiap pemain berlomba-lomba mengumpulkan aset dengan berinvestasi di beberapa sektor saham dan reksadana. (Foto: Ist)

Setiap pemain berlomba-lomba mengumpulkan aset dengan berinvestasi di beberapa sektor saham dan reksadana. (Foto: Ist)

M Iqbal Fikri

Kamis, 16 Januari 2020

KELOMPOK STUDI Pasar Modal (KSPM) Universitas Muhammadiyah Riau melaksanakan kegiatan Stocklab Competition 2020, Sabtu (11/1/2020). 

Stocklab merupakan alat untuk mengedukasi seseorang dalam berinvestasi di pasar modal khususnya invetasi saham dan reksadana. 

Stocklab sendiri diciptakan oleh otoritas jasa keuangan dengan tujuan bukan hanya sekedar memperdalam ilmu invetasi tapi menanamkan teknikal investasi di psikologis pemainnya. 

Dengan stocklab kita bisa tahu potensi diri kita jika menjadi seorang investor, termasuk investor jangka pendek dengan menjadi trader aktif  ataupun investasi jangka panjang dengan menggunaan reksadana. 

Stocklab juga saat ini menjadi salah satu yang dilombakan pada saat invesment festival di Sekolah Menengah Atas maupun Perguruan Tinggi di Indonesia.

Game Stocklab pada dasarnya merupakan salah satu Program dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang berguna untuk meningkatkan edukasi pasar modal ke masyarakat umum. Di kalangan investor muda, Game Stocklab sangat popular. Stoklab competition kali ini diadakan oleh Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) yang diikuti mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau yang menjalani mata kuliah yang berkaitan dengan investasi dan Pasar Modal.

Dengan adanya Stocklab Competition diharapkan dapat membantu mahasiswa yang mengikuti kegiatannya dalam teknik menjadi trader di Pasar Modal dan teknik menjadi investor jangka panjang yang baik dan benar dengan Game Simulasi Stocklab.

Stocklab Competition pada periode lalu menargetkan mahasiswa Akuntansi yang sedang mengikuti Mata Kuliah “Manajemen Investasi Dan Pasar Modal” untuk menjadi peserta dari kompetisi game Pasar Modal ini, dan pada periode sekarang Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) memperluas target peserta Stocklab Competition menjadi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang sedang menjalani “Mata Kuliah Manajemen Invetasi dan Pasar Modal” dan Mata Kuliah “Konsentrasi Manajemen Keuangan”. 

Dalam acara stocklab competition Sabtu (11/01/2020) dihadiri Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Zul Azmi SE. MSi Ak CA yang mengharapkan KSPM tetap melaksanakan kegiatan ini menjadi program tahunan dan memperluas cakupan peserta agar mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Riau paham terkait pasar modal dengan media Stocklab

Dan hal itu disetujui oleh  Muhammad Ahyaruddin SE MSc Ak selaku Selaku Pembina KSPM Umri. Dia mengungkakan, tujuan diselenggarakannya Stocklab Competition yaitu untuk mengenalkan investasi saham kepada mahasiswa di mana di dalam game ini terdapat fase-fase yang terjadi dalam dunia saham. 

Juga diungkapkan, ini adalah langkah awal yang baik dalam mengetahui seluk-beluk saham. "Tentu saja, harapan kami, para peserta tidak berhenti menjadi sekedar pemain game, tetapi bisa mempraktikkannya secara langsung dengan berinvestasi di pasar modal yang sebenarnya,” harap Zul Azmi.

Sebagaimana dikutip dari laman resminya di stocklab.co.id, Stocklab merupakan permainan kartu yang dibuat oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang bisa digunakan tidak hanya untuk bermain tetapi juga untuk mengedukasi orang yang masih awam terhadap dunia investasi pasar modal. Dengan permainan ini juga bisa terlihat apakah seseorang lebih cocok menjadi seorang investor atau trader/pedagang. 

Setiap pemain berlomba-lomba mengumpulkan aset dengan berinvestasi di beberapa sektor saham dan reksadana. Pemain dengan uang terbanyak di akhir permainanlah yang dinyatakan sebagai pemenang. Setelah melalui babak I, II, dan final menyisihkan puluhan peserta, keluar sebagai Juara I Siti Permata Dewi  dari Jurusan akuntansi dengan kekayaan. (MIF)