Salam Tahniah Sempena Hari Jadi Ke-74 Bhayangkara. Semoga Kamtibmasy Kondusif Masyarakat Semakin Produktif. Semakin dekat dan lekat di hati rakyat dalam mengayomi dan melayani masyarakat. Dirgahayu Kepolisian Negara Republik Indonesia!

Terbukti Sukses, Dekranasda Siak Kembali Pinjamkan Alat Tenun untuk Warga

Ketua Dekranasda Siak Rasidah menyambangi rumah perajin tenun yang pernah mendapatkan bantuan mesin tenun dari Pemerintah Kabupaten Siak. (Foto: Dok MCR)

Ketua Dekranasda Siak Rasidah menyambangi rumah perajin tenun yang pernah mendapatkan bantuan mesin tenun dari Pemerintah Kabupaten Siak. (Foto: Dok MCR)

Serantau Riau

Ahad, 19 Januari 2020

Siaksriindrapura - serantauriau.news - Banyak warga Kabupaten Siak yang memiliki keahlian dan keterampilan menenun. Seperti Rasmi (26), ibu rumah tangga Kampung Tuah Indrapura Kecamatan Bungaraya. 

Melihat keahlian Rasmi itu, Ketua Dekranasda Siak, Rasidah mengaku sangat bangga. Bantuan alat tenun yang diberikan kepada Rasmi dimanfaatkan dengan baik olehnya untuk membantu ekonomi keluarganya.

Rasidah bahkan berniat akan memberikan bantuan alat tenun kepada warga lainnya yang juga bisa menenun. Sebab, Dekranasda masih memiliki 8 alat tenun, sedangkan tenaga penenunnya masih kurang. 

"Saya berinisiatif untuk meminjamkan alat tersebut kepada ibu-ibu atau masyarakat lainnya yang bisa menggunakan alat tersebut di rumahnya masing-masing agar bisa seperti buk Rasmi," ujar Rasidah, Ahad (19/1/2020).

Menurut Rasidah, regenerasi penenun kain tenun Siak melalui berbegai pelatihan sangat diperlukan, termasuk pembinaan berkelanjutan agar dapat mengatasi berbagai masalah yang dihadapi para pelaku usaha kain tenun.

"Saat ini ada empat orang yang sedang belajar menenun di Dekranasda Kabupaten Siak. Kegiatan pelatihan ini dapat melestarikan dan mengembangkan tenun Siak  yang saat ini permintaannya cukup tinggi di pasaran," terangnya lagi.

Rasmi juga menceritakan pengalaman menenun sudah ia mulai dari tahun 2013 yang lalu. Sempat berhenti karena berumah tangga. Kemudian mulai lagi menenun di tahun 2019.

"Alhamdulillah atas bantuan pinjaman alat tenun ini saya bisa membantu ekonomi keluarga, tanpa harus bolak balik dari rumah ke kota Siak," ujarnya. 

Rasmi juga berharap ibu-ibu di kampung ini bisa dapat bantuan yang serupa dan diajari bagaimana cara membuat kain tenun Siak dengan baik. Biar ibu-ibu ada kegiatan yang menghasilkan di rumahnya. (MCR/IW)