Visi Riau 2020: Terwujudnya Provinsi Riau sebagai Pusat Perekonomian dan Kebudayaan Melayu dalam lingkungan masyarakat yang agamis di Asia Tenggara pada tahun 2020***

Jadikan Momen Perayaan Imlek 2571 Wujudkan Kehidupan Harmonis

Acara Perayaan Tahun Baru Imlek 2571, di Lancang Kuning Ballroom Hotel Furaya Pekanbaru, Selasa (28/1/2020). (Foto: Dok MCR)

Acara Perayaan Tahun Baru Imlek 2571, di Lancang Kuning Ballroom Hotel Furaya Pekanbaru, Selasa (28/1/2020). (Foto: Dok MCR)

Serantau Riau

Rabu, 29 Januari 2020

Pekanbaru - serantauriau.news - Gubernur Riau diwakili Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau Raja Yoserizal Zen menyatakan, perayaan Imlek merupakan suatu momen untuk menjalin tali silaturrahmi antara masyarakat Tionghoa dengan seluruh masyarakat yang ada di Riau. 

"Momen Imlek ini juga dapat menjadikan seluruh unsur masyarakat menjalani kehidupan yang harmonis, baik dalam berbudaya maupun dalam beragama," ujar Yoserizal saat menghadiri Perayaan Tahun Baru Imlek 2571, Selasa (28/1) di Hotel Furaya Pekanbaru.

Ia mengatakan, perayaan imlek tidak hanya kegiatan keagamaan saja, akan tetapi juga banyak kegiatan kebudayaan dan seni yang hanya dapat disaksikan pada kegiatan Imlek, sehingga membuat masyarakat luas mengetahui kebudayaan khas masyarakat Tionghoa.

Untuk itu, Raja Yoserizal Zen yang juga sebagai Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Riau mengharapkan supaya kebudayaan masyarakat Tionghoa ini dapat dipelihara dengan baik. Agar dapat  memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan di antara sesama, khususnya dalam lingkungan masyarakat Riau.

Ia juga berpesan agar dapat bersatu untuk tumbuh secara bersama-sama dalam kerangka daerah. Sebab itu, kita juga harus berpikir secara nasional dengan berpijak kepada nilai-nilai kedaerahan yakni kebudayaan. "Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung," sebutnya.

Sementara Ketua Panitia Perayaan Imlek Anton mengatakan, walaupun berbeda budaya dan agama, hendaknya masyarakat Kota Pekanbaru dan Riau tetap bersatu.
"Kami menetapkan tema perayaan serangkaian kegiatan Tahun Baru Imlek 2571 yaitu bersatu teguh, Indonesia tangguh. Inilah nilai yang tersirat dalam Pancasila khususnya sila ke 3 yaitu Persatuan Indonesia," katanya. (MCR/DI)