serantauriau.news mengucapkan Tahniah Hari Jadi Ke-237 Pekanbaru yang berkembang pesat dari Dusun Payung Sekaki menjadi Senapelan sebagai cikal bakal Kota Pekanbaru, Ibukota Provinsi Riau, 23 Juni 2021.***

 

Dinsos PMD Kuansing Salurkan Bantuan Warga Jompo Kampung Medan

Tim dari Dinas Sosial PMD telah menyerahkan bantuan makanan melalui Doni tetangganya, karena istri Doni-lah yang mengurus makanan warga jompo ini. (Foto: Dok M Iqbal Fikri)

Tim dari Dinas Sosial PMD telah menyerahkan bantuan makanan melalui Doni tetangganya, karena istri Doni-lah yang mengurus makanan warga jompo ini. (Foto: Dok M Iqbal Fikri)

Serantau Riau

Rabu, 05 Februari 2020

Telukkuantan. - Serantauriau.news - Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kuantan Singingi Drs Napisman melalui Kasi Jamsos Andi Anugraha sambangi dua warga jompo yang ada di Desa Kampung Medan, Kecamatan Kuantan Hilir, Rabu (5/2/2020).

 

Keduanya adalah Hamsah (70) dan Agusman alias Agut (72) yang viral beberapa hari lalu di berbagai lini media online Kuantan Singingi.

"Info terkait dua orang ini memang telah dilaporkan oleh masyarakat ke Dinas Sosial PMD, sehingga hari ini berdasarkan arahan Kadis dan Kabid, kami turun ke lapangan memastikan kondisi dua warga jompo tersebut serta menyerahkan bantuan makanan," ujar Andi.

Tim dari Dinas Sosial PMD turun sebanyak tujuh orang, yang terdiri dari Kasi Jamsos, Staf Dinsos PMD, Korkab PKH, Pekerja Sosial Anak serta dua Pendamping PKH.

Dalam kunjungan tersebut, tim dari Dinas Sosial PMD mencatat bahwa benar adanya terdapat dua warga jompo tersebut yang tinggal dalam satu rumah, dari hasil penggalian informasi ternyata kedua warga jompo tersebut masih memiliki anak, namun anak mereka berada di Medan dan di Jakarta, sehingga tidak ada lagi yang mengurus mereka. Kedua warga jompo ini juga tidak memiliki identitas kependudukan seperti KTP dan KK.

Dalam kunjungan tersebut, Tim dari Dinas Sosial PMD telah menyerahkan bantuan makanan melalui Doni tetangganya, karena istri Doni lah yang mengurus makanan warga jompo ini. Selanjutnya Dinas Sosial PMD akan berupaya merekomendasi kedua warga jompo ini agar bisa masuk ke panti jompo Provinsi Riau jika mereka bersedia dan keluarga mereka memberikan izin.

Dinas Sosial sendiri saat ini telah koordinasi dengan Pemdes Kampung Medan untuk administrasi yang bersangkutan, jika yang bersangkutan lebih memilih tinggal di Kampung Medan, agar diurus data kependudukannya sehingga bisa diusulkan masuk data BDT selanjutnya diusulkan bantuan program Sembako.

Secara terpisah, pemerintah desa Kampung Medan jauh hari juga sudah persiapkan dokumen-dokumen yang bersangkutan dan koordinasi dengan ahli waris yang saat ini bermukim di Jakarta, namun belum ditanggapi oleh anak-anak warga jompo tersebut. (MIF)