Tahniah  Hari Jadi Ke-64 Provinsi Riau, 9 Agustus 2021 dan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2021. Semoga cepat bangkit dan bebas dari belenggu pandemi. Dirgahayu Provinsi Riau! Dirgahayu Republik Indonesia!***

 

AMPK Desak Pengusutan Korupsi APBD 2012-2017

AMPK berorasi di depan Kejari.

AMPK berorasi di depan Kejari.

Mita

Kamis, 01 Februari 2018

Pasirpengaraian - serantauriau.news - Mahasiswa yang mengatasnamakan Aliansi Mahasiswa Pembenci Koruptor (AMPK), gelar aksi damai di kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Rokan Hulu (Rohul), Rabu (31/1/2018) siang.

Dalam aksi demonstrasi yang digelar di gerbang masuk kantor Kejari Rohul, mendapat penjaagaan ketat puluhan aparat kepolisian dari Polres Rohul. Massa juga diterima Kepala Kejari Rohul Freddy Daniel Simanjuntak SH MHum diwakili Kasi Intel Kejari Rohul Agus Kurniawan SH MH.‎

Dalam aksinya, Koordinator Lapangan AMPK Rohul, Ziaul Haq Al Faruq meminta pihak kejaksaan dan aparat penegak hukum mengusut tuntas dugaan praktek korupsi APBD Rohul tahun anggaran 2012-2017. Lalu, Ziaul meminta pihak kejaksaan mengawal total penggunaaan APBD Rohul yang akan datang, mulai tahun anggaran 2018.

Ia menilai, Kejari Rohul sudah melaksanakan tugas pokok fungsinya, namun sejauh ini sebagian besar ditangani baru sebatas tindak pidana umum. Masih sedikit perkara tindak pidana korupsi atau Tipikor yang ditangani.

“Korupsi harus diusut di Rohul, kita tidak sepakat adanya koruptor di Rohul,” tegas Ziaul.

Dalam aksinya, orator mengungkapkan dampak dari korupsi yang terjadi, tidak sedikit anak-anak di Kabupaten Rohul yang putus sekolah atau tidak bisa melanjutkan pendidikan. Selain itu, banyak juga masyarakat yang tidak sanggup berobat ke rumah sakit.

“Mereka tidak sanggup berobat ke rumah sakit bukan karena takut disuntik, tapi memang tidak punya uang,” ucap Sukri, salah seorang demonstran.

Kasi Intel Kejari Rohul Agus Kurniawan mengapresiasi aksi damai dilakukan mahasiswa. Apalagi menyangkut tentang pemberantasan korupsi. (MTA)