serantauriau.news mengucapkan Tahniah Hari Jadi Ke-237 Pekanbaru yang berkembang pesat dari Dusun Payung Sekaki menjadi Senapelan sebagai cikal bakal Kota Pekanbaru, Ibukota Provinsi Riau, 23 Juni 2021.***

 

Jefryoni Pimpin Panitia Pacu Jalur Rayon II Kuansing di Kuantan Hilir

Memeriahkan HUT RI dan Pacu Jalur Tradisional di Baserah, Nagori Cikal-Bakal Pacu Jalur ini, telah dimulai dengan pembentukan panitia pelaksana Rayon II. (Foto: Hendra/SRN)

Memeriahkan HUT RI dan Pacu Jalur Tradisional di Baserah, Nagori Cikal-Bakal Pacu Jalur ini, telah dimulai dengan pembentukan panitia pelaksana Rayon II. (Foto: Hendra/SRN)

Irwan S Benai

Senin, 02 Maret 2020

Baserah - serantauriau.news - Sempena menyambut hari jadi RI dan pelaksanaan Pacu Jalur Tradisional Tingkat Rayon II Kabupaten Kuantan Singingi Tahun 2020 di Kecamatan Kuantan Hilir, Jefryoni terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum HUT RI dan Pacu Jalur di Tepian Lubuok Sobae Baserah.

Selain Ketua Umum yang diamanahkan kepada Jefryoni, juga terpilih Sekretaris Didik Marka Hendika, dan Bendahara Wiwit Erianto. 

Keputusan tersebut diambil dalam musyawarah bersama seluruh instansi dan unsur masyarakat se-Kecamatan Kuantan Hilir, dan perwakilan dari masyarakat Kecamatan Kuantan Hilir Seberang, di Gedung Serbaguna Kecamatan Keuangan Hilir, Senin (2/3/2020). 

Di mana masyarakat di kedua kecamatan ini merupakan rumpun yang tak terpisahkan dalam perhelatan kebudayaan tradisional pacu jalur dari semula jadi, serumpun masyarakat Baserah.

Dalam kepanitian yang baru terbentuk ini, juga sebagai pelindung dan penasehat Camat Kuantan Hilir, Jhon Pitte Alsi serta para Datuok Pangulu Nan Barompek Kenegerian Koto Tuo Baserah yang diwakili Datuk Kayo Tongah Suku Tigo Kampuong.

Selain pembentukan panitia pacu jalur tahun 2020, program kerja panitia bersama seluruh keterwakilan unsur juga melakukan pembahasan tentang pergeseran jadwal pelaksanaan untuk tahun ini. 

"Sementara untuk jangka panjang, sesuai wacana sebelumnya kita juga mengagendakan persiapan pelaksanaan pacu jalur Baserah menuju iven Provinsi Riau, dalam rangka hari jadi provinsi nantinya," jelas Camat Kuantan Hilir, Jhon Pitte Alsi.

"Dalam hal ini, saya berbicara tidak hanya sebagai Camat Kuantan Hilir, tapi juga sebagai anak jati atau orang asli Baserah. Untuk itu, selain sebagai Camat dan jauh sebelumnya sesuai niat saya ingin mengabdikan diri untuk kemajuan Kuantan Hilir secara khususnya, dan Baserah pada umumnya," kata Pitte, begitu dia akrab disapa.

Untuk itu, Camat Kuantan Hilir menghimbau kepada seluruh pihak, termasuk pihak swasta untuk turut menyukseskan perhelatan kebudayaan tradisional pacu jalur Baserah tersebut. 

"Kita berharap adanya sumbangsih nyata dari pihak perusahaan terutama yang wilayah operasionalnya di Baserah, terhadap pacu jalur yang merupakan pesta tahunan masyarakat," tegas Jhon Pitte Alsi. (RLS/ISB)