Visi Riau 2020: Terwujudnya Provinsi Riau sebagai Pusat Perekonomian dan Kebudayaan Melayu dalam lingkungan masyarakat yang agamis di Asia Tenggara pada tahun 2020***

Pemprov Gandeng Pemko Dumai Optimalkan Roro

Kapasitas Pelabuhan Sri Junjungan, Dumai yang akan dipakai untuk kepala RoRo Dumai-Malaka sandar, berkapasitas 400 GT akan dioptimalkan menjadi 1.500 GT. (Foto: Dok MCR)

Kapasitas Pelabuhan Sri Junjungan, Dumai yang akan dipakai untuk kepala RoRo Dumai-Malaka sandar, berkapasitas 400 GT akan dioptimalkan menjadi 1.500 GT. (Foto: Dok MCR)

Serantau Riau

Senin, 02 Maret 2020

Pekanbaru - serantauriau.news - Pemerintah Provinsi Riau terus menggesa persiapan pengembangan Roro Dumai-Melaka. Poin ini menjadi perhatian, karena diharapkan tahun ini progres infrastruktur transportasi itu dapat terealisasi secara optimal.

Dalam memaksimalkan langkah tersebut, Pemerintah Provinsi Riau terus melakukan sinergitas dengan stakeholder terkait dan pemerintah daerah. Seperti sinergitas dengan Pemerintah Kota Dumai untuk mempersiapkan sarana pendukungnya.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau M Taufiq OH menerangkan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait. Begitu juga untuk menggesa persiapan dan finalisasi fasilitas pendukung sarana penghubung dua negara bertetangga itu.

“Progresnya terus memperlihatkan perkembangan positif. Kita juga terus melakukan koordinasi, baik ke Pemerintah Pusat maupun ke Pemko Dumai,” paparnya.

Untuk pembagian Tupoksi, Pemprov Riau berkomitmen untuk menyelesaikan kapasitas pelabuhan sedangkan Pemko Dumai bertanggungjawab untuk menyelesaikan fasilitas pendukung di sektor darat. Hal itu juga berdasarkan hasil koordinasi dengan melibatkan stakeholder terkait.

Dengan beragai persiapan dan sarana penunjang, diharapkan dapat memaksimalkan peran sarana transportasi itu. Sebelumnya, saat ini kapasitas pelabuhan Sri Junjungan, Dumai yang nantinya akan dipakai untuk kepala RoRo Dumai-Malaka bersandar dengan kapasitas 400 GT akan dioptimalkan menjadi 1.500 GT.

Selain itu, pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan progres berjalan sesuai planning yang telah disusun. (MCR/mz)