Selamat Idul Adha, 10 Zulhijjah 1443 H. Semoga kita dapat meneladani ketaatan dan keikhlasan serta kesabaran Ibrahim AS, Ismail AS dan Siti Hajar RA. dalam melaksanakan perintah Qurban. Mohon maaf lahir dan batin. ***

 

Pemprov Riau Siap Kelola Blok Rokan Pada 2021

Indra Agus Lukman, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Riau. (Foto Heru Maindikali/MCR)

Indra Agus Lukman, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Riau. (Foto Heru Maindikali/MCR)

Serantau Riau

Sabtu, 02 Mei 2020


Pekanbaru - serantauriau.news - PT Pertamina (Persero) mengaku akan langsung melakukan pengeboran 44 sumur di Blok Rokan pada 2021, pasca alih kelola dari PT Chevron Pacific Indonesia. 

Terkait hal tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengaku sudah siap untuk ikut andil dalam pengelolaan ladang minyak yang ada di Bumi Provinsi Riau tersebut.

Kepala Finas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Riau Indra Agus Lukman mengatakan, jika nanti sudah dikelola oleh pihak Pertamina, maka daerah tempat di mana ladang minyak tersebut berada bisa ikut mengelola, namun tetap yang menentukan adalah pihak Pertamina.

"Tentunya yang boleh ikut mengelola itu adalah yang mempunyai kemampuan, yang sudah memiliki pengalaman. Untuk itu, kami sudah menyiapkan beberapa BUMD yang bisa ikut mengelola, nanti pihak Pertamina hanya tinggal memilih saja," katanya.

Namun demikian, pihaknya tidak mau terlalu jauh mempersiapkan pengelolaan Blok Rokan tersebut. Pasalnya saat ini baik pemerintah pusat maupun daerah masih memfokuskan penangangan Virus Korona. 

"Semua persiapan yang dilakukan baru bisa berproses ketika sudah beralih. Kalau sekarang kita tunggu saja proses peralihan itu. Karena masih fokus menangani Virus Korona," sebutnya.

Menurut Indra, meskipun terjadi alih kelola, namun tidak akan mengubah secara keseluruhan posisi para pekerja atau karyawan yang ada saat ini.

"Rata-rata karyawan Chevron saat ini adalah anak Riau, dan Pak Gubernur juga sudah bertemu dengan pihak Direktur Pertamina dan mengatakan bahwa saat alih kelola nanti tidak akan mengubah tenaga kerjanya (karyawan, red). Tenaga kerjanya tetap," sebut Kadis ESDM, seperti dilansir dari laman Pemprov Riau. (MCR/MS)