Salam Tahniah Sempena Hari Jadi Ke-74 Bhayangkara. Semoga Kamtibmasy Kondusif Masyarakat Semakin Produktif. Semakin dekat dan lekat di hati rakyat dalam mengayomi dan melayani masyarakat. Dirgahayu Kepolisian Negara Republik Indonesia!

Sukseskan "New Normal" di Riau, Polda Terjunkan 1.131 Personel

Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Kapolda Riau. (Foto: Dok MCR)

Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Kapolda Riau. (Foto: Dok MCR)

Serantau Riau

Kamis, 28 Mei 2020


Pekanbaru - serantauriau.news  -Kepolisian Daerah (Polda) Riau, menerjunkan 1.131 personel menyukseskan program New Normal di Provinsi Riau. Ribuan personel ini, kata Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, akan ditugaskan di enam kabupaten dan kota yang sebelumnya menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) seperti Kota Pekanbaru dan Dumai serta empat daerah lainnya Kabupaten Kampar, Pelalawan, Siak, dan Bengkalis.

Kapolda Riau mengatakan, pihaknya akan menjadi bagian dalam membentuk tatanan normal baru yang produktif dan aman dari wabah Virus Korona. 

Hal ini, sebut Kapolda, sesuai dengan status Provinsi Riau telah memiliki modal bagus untuk mewujudkan tatanan pola hidup baru itu.

Dengan terciptanya energi positif masyarakat yang disiplin, terbentuk saat pelaksanaan PSBB di Riau menjadi modal untuk mewujudkan masyarakat produktif dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan sehingga aman dari Covid-19.

''Dalam situasi saat ini, masyarakat produktif ini, menjadi kata kunci untuk mengembalikan Indonesia menjadi negara yang kuat dan berjaya dengan ekonomi yang pulih. Menstimulasi untuk menjadi masyarakat produktif dalam pandemi Covid-19 perlu usaha yang kuat,'' kata Kapolda.

New Normal ini, sebut Kapolda tujuannya, membangkitkan  enggible  atau hal yang tidak tampak. Contohnya, sikap saling  respect  antarwarga, peduli kebersihan dan kesehatan, semangat usaha inovatif dan kreatif untuk mencari peluang kerja yang dibutuhkan masyarakat.

''Untuk mewujudkan hal itu, kami akan mendukung rencana new normal yang dicanangkan Presiden RI Joko Widodo itu. Salah satunya, dengan melaksanakan pendisiplinan masyarakat,'' terang Agung.

Artinya, Polda dalam hal ini akan melaksanakan pendisiplinan masyarakat menuju new normal di kabupaten dan kota yang melaksanakan PSBB.

Menurut dia, sejumlah lokasi yang menjadi sasaran pihak kepolisian dalam rencana new normal tersebut. Lokasi itu merupakan pusat keramaian masyarakat.

Menurut data Polda, ada sebanyak 433 lokasi, terdiri dari terminal, pasar, pelabuhan, mal, pusat perbelanjaan, restoran, tempat wisata, tempat ibadah, yang perlu diawasi. Untuk itu Polda akan menyiapkan 1.131 personel.

Dalam praktiknya, sambung Kapolda, pihanya akan terus melakukan pengawasan, dalam rangka penegakan aturan PSBB dan larangan mudik. 

''Ribuan personel dikerahkan dan ditempatkan di titik-titik tertentu, termasuk di daerah perbatasan Riau dengan provinsi tetangga,'' sebut Kapolda.

Saat ini, kata Agung, secara umum situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Riau, relatif aman dan terkendali.

''Kota Pekanbaru relatif sepi, demikian juga di wilayah lainnya,'' tutur dia.

Lanjut dia, ratusan kendaraan setiap hari mulai dari H-3 Lebaran, diminta putar arah kembali ke asal. Ini dikarenakan, pengendara tidak mematuhi protokol kesehatan dan aturan angkutan.

''Dalam praktiknya, mereka juga diberi teguran tertulis maupun lisan. Khususnya jalur dari dan ke Sumatra Barat (Sumbar),'' pungkas Kapolda, seperti dilansir dari laman Pemprov Riau. (MCR/HB)