Tahniah  Hari Jadi Ke-64 Provinsi Riau, 9 Agustus 2021 dan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2021. Semoga cepat bangkit dan bebas dari belenggu pandemi. Dirgahayu Provinsi Riau! Dirgahayu Republik Indonesia!***

 

Merindukan Sosok Soegianto, Pengayom Nan Diidolkan Anak Muda Riau

Berziarah ke makam Kang Soe yang berdampingan dengan pusara Datuk Kacung yang bersejarah di Pemakaman Umum Pasir Kemilu, Rengat, Inhu., Ahad (4/10/2020). (Foto: Rio/ABBS)

Berziarah ke makam Kang Soe yang berdampingan dengan pusara Datuk Kacung yang bersejarah di Pemakaman Umum Pasir Kemilu, Rengat, Inhu., Ahad (4/10/2020). (Foto: Rio/ABBS)

ABU BAKAR SIDDIK

Ahad, 04 Oktober 2020

 

MENYEMPATKAN sela waktu masa Kampanye Rajut Inhu Cemerlang, Ahad (4/10/2020), kami berziarah ke makam Kakandaku H Soegianto, SE sosok pemimpin Riau yang sangat kami idolakan.

Para politisi muda di Riau, tak hanya dari kalangan Partai Golkar melainkan dari berbagai kalangan di Inhu, Riau, bahkan nasional merasa kehilangan, ketika beliau menghembuskan nafas terakhirnya, sekitar sepuluh tahun silam.

Bang Gianto, atau biasa dipanggil Kang Soe, adalah anak-negeri yang lahir di Rengat, ibukota Kabupaten Indragiri (waktu itu). Sebahagian besar masa hidupnya dipersembahkan kepada masyarakat awam, masyarakat tak berdaya, sekalipun dia adalah pejabat Pemprov Riau maupun Pemkab Inhu, dan pernah pula menjadi Ketua DPRD Inhu dan Anggota DPRD Riau.

Sosok pengayom dan pembela masyarakat lemah ini adalah pemimpin yang bersahaja dan tetap kharismatik yang sangat kami rindukan. Sosok ini selalu memberi kepercayaan kepada kami yang muda-muda sebagai generasi penerusnya dan beliau pasang badan, mengambil-alih tanggung jawab atas sesuatu yang telah disetujuinya. 

Bang Gianto memang sosok yang paling banyak senyum, amat simpatik dan jarang marah. Sekali marah, terkesan temperamen memang, tapi selesai seketika itu saja, tak pernah mendendam, walaupun kepada lawan-lawan politiknya. 

Karena itulah Gubri Rusli Zainal merasa amat terpukul, merasa kehilangan sosok pengayom, ketika kami mengantarkan Jenazah Kang Soe ke tempat peristirahatannya di Kompleks Pemakaman Umum, Pasir Kemilu, Kota Rengat, waktu itu.

Beristirahatlah dengan tenang Kakanda H Soegianto, semua doa terbaik masyarakat Riau tercurah kepadamu. Semoga engkau mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah dan husnul khotimah. 

Kami pun sedang berusaha dan akan meneruskan perjuanganmu.  Perjuanganmu selalu menyemangati langkah perjuangan kami terutama dalam Merajut Inhu Cemerlang demi kesejahteraan Rakyat Inhu yang engkau cita-citakan. Insyaallah.***