Selamat Idulfitri 1442 Hijriah, selamat merayakan hari kemenangan, kembali menjadi insan yang fitri. Minal aidin walfaizin, mohon maaf lahir dan batin. Semoga Allah mempertemukan kita kembali pada Ramadan tahun depan. Insyaallah!***

Pancang Tapak Lapan, Yopi Tak Kecewakan Kang Soe Dan Bang Haji

Ketika kami bersama Bang Haji dan Soneta Group berkampanye keliling Inhu. Dayung Serempak Untung Serentak. (Foto: Dok ABBS)

Ketika kami bersama Bang Haji dan Soneta Group berkampanye keliling Inhu. Dayung Serempak Untung Serentak. (Foto: Dok ABBS)

ABU BAKAR SIDDIK

Senin, 15 Februari 2021

 

IBARAT berjalan sudah sampai ke batas, berlayar pun sudah sampai ke pulau. Segala yang berawal pasti akan berakhir. Begitulah siklus kehidupan, termasuk siklus kepemimpinan di Tanah Melayu Indragiri Hulu.

Sepuluh tahun silam, saya bersama Bang Haji Soegianto (Kang Soe) dan Bang Haji Rhoma Irama sempat berkeliling Inhu, menjajakan sosok pemimpin muda, yang katanya masih bauk-kencur. Dikatakan masih anyir, mungkin karena belum banyak makan asam-garam kehidupan. Hehheheh.

Faktanya waktu itu, Inhu adalah kabupaten termiskin di Riau. APBD-nya hanya 700-an miliar, ketika Kabupaten/Kota Se-Riau sudah mencapai triliunan rupiah. Sedangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)-nya cuma 9 miliaran saja. Bahkan angka kemiskinan orang Inhu waktu itu sekitar 20 persen.

Alhamdulillah, lidah kami asin juga. Rakyat Inhu pun menjatuhkan pilihan kepada Yopi Arianto SE dan Drs Harman Harmani, menyisihkan para seniornya yang ikut Pilkada 2010. Rekor Muri pun mencatat, inilah Bupati Termuda sak Indonesia. 

Sejarah baru pun mulai ditorehkan. Selama 10 tahun Inhu dinakhodai oleh anak muda seperti  bintang film India ini, entah bilalah kan senangnya -- hahhahah. Lumayan jugalah, peran yang dimainkan. "Walau terkadang menggunakan jurus cine-mabok, juge Bro," katanya suatu ketika kepada saya.

Tapak lapan alias pondasi kokoh memang sudah dia pancangkan di Bumi Indragiri itu. Biro Pusat Statistik mencatat bahwa APBD Inhu 2019 bahkan mencapai 1,5 triliun dengan PAD di atas 150 miliar atau meningkat lebih dari 15 kalilipat. 

Pembangunan dibuatnya semerata mungkin ke seluruh pelosok kampung dan lorong, sehingga angka kemiskinan di Inhu, menurut data BPS, menurun tajam hingga tinggal 6 persenan. Persentase ini telah menempatkan Inhu terbaik ke-4 se-Riau, setelah Kota Pekanbaru, Kota Dumai, dan Kabupaten Siak.

Karena meningkatnya kinerja, pemerintahan sejumlah indikator pembangunan dan membaiknya ekonomi rakyat, berbagai penilaian dan penghargaan didapatkan Negeri Gerbangsari ini. Bahkan  Inhu telah mendapatkan penghargaan terbaik dalam hal keterbukaan informasi kepada publik.

Sebagai manusia biasa dan orang muda pastilah Pemerintahan Yopi Arianto punya kelemahan dan kekurangan di sana-sini. Namun yang jelas, 10 tahun Bupati Yopi tidaklah mengecewakan. Malah membanggakan kami, Kang Soe dan Bang Haji Rhoma Irama yang telah sangat serius, bertungkus-lumus mendukungnya.

Salam Tahniah telah masuk ke panjang akhir, Februari 2021 ini  Adindaku Yopi Arianto. Semoga mendapatkan hikmah untuk memangku amanah Rakyat Riau ke jenjang yang lebih bermarwah lagi. Insyaallah.***

#BerkaryaNagoriMaju!

#BersatuBerjuangMenang!

#DayungSerempakUntungSerentak!

Kampanye Akbar Pilkada Inhu 2010 bersama Bang Haji Roma Irama di Rengat, Belilah, Airmolek dan Peranap, jangan pernah melupakan sejarah. (Foto: Dok ABBS)

Kampanye Akbar Pilkada Inhu 2010 bersama Bang Haji Roma Irama di Rengat, Belilah, Airmolek dan Peranap, jangan pernah melupakan sejarah. (Foto: Dok ABBS)