Kemerdekaan itu adalah situasi di mana kita terlepas dari cengkraman penjajahan bangsa lain secara ekonomi dan politik. Jangan hanya teriak merdeka, bila kita masih terjajah.  Dengan semangat 45: Dirgahayu Kemerdekaan RI ! Semoga kita menjadi bangsa berdaulat, sejahtera secara utuh dan menyeluruh, berjalan dengan kepala tegak di atas kaki sendiri. Insyaallah. #BerkaryaNegeriMaju

Tanda Kehormatan Adat Aceh Barat untuk Bupati dan Ketua LAM Siak

Seperti ini prosesi penyambutan secara adat.

Seperti ini prosesi penyambutan secara adat.

Abu Bakar Siddik

Selasa, 12 Desember 2017

Meulebuh - serantauriau.news - Majelis Adat Aceh (MAA) Kabupaten Aceh Barat Rabu (13/12/2017) akan  melaksanakan Kunjungan Kehormatan Adat ke Lembaga Adat Melayu Kabupaten Siak dan memberikan Tanda Kehormatan Adat kepada Bupati Siak dan Ketua LAM Siak.

Ketua MAA Aceh Barat Kolonel (Purn) H. Tjut Agam didampingi CSR & Media Relation Manager PT Mifa Bersaudara yang juga merupakan Wasekjen DPP Masyarakat Adat Nusantara (MATRA) Azizon Nurza dan Ketua PERMASA Kabupaten Siak, Jamaluddin menjelaskan, indikator pemberian Tanda Kehormatan Adat oleh MAA Kabupaten Aceh Barat ini, pertama di Kabupaten Siak masyarakat Riau asal Aceh cukup banyak dan diterima dengan baik dan kehadiran masyarakat Aceh di Kabupaten Siak telah berasimilasi secara budaya yang positif.

MAA memandang  bahwa Kabupaten Siak sebagai daerah industri telah mampu menjaga dan melestarikan adat/budaya Melayu melalui berbagai regulasi dan kebijakan  daerah. 

Karena itu, Kabupaten Aceh Barat yang sedang bergerak menuju masyarakat industri merasa perlu bertukar pikiran menyamakan langkah agar bisa mencontoh kemajuan industri, kemajuan budaya, kemajuan adat dan kemajuan Kabupaten Siak di bawah kepemimpinan Bupati Syamsuar.

Kepada serantauriau.news Azizon Nurza menggarisbawahi, dalam kegiatan ini, MAA juga melakukan studi budaya dan adat untuk mendorong perubahan positif di kabupaten Aceh Barat khususnya, mengingat sejak dahulu telah terjalin hubungan sejarah budaya antara Aceh dan Melayu Kesultanan Siak. Sehingga hal-hal yang didapat dalam kunjungan ke Kabuparen Siak ini tentu juga dapat diterapan di Aceh Barat, jelas Azizon yang merupakan Tokoh Pemuda Indonesia asal Sungai Apit ini menambahkan.

Dalam rangkaian kunjungan ini rombongan akan berkunjung ke masjid Sultan Siak, ziarah ke makam Sultan, kunjunga ke istana Siak dan menghadiri acara Maulid Nabi di Kabupaten Siak.

Rombongan berangkat berjumlah 6 orang di antaranya; Ketua MAA H Tjut Agam, Wakil ketua MAA H Salamuddin Djohan, Tim Asistensi Bupati Mustafa Husein, Wasekjen DPP MATRA Azizon Nurza, MATRA Acwh Nazaruddin A Gani, dan Sekretariat MAA Zaharatun Neili.(ABBS)