serantauriau.news mengucapkan Tahniah Hari Jadi Ke-237 Pekanbaru yang berkembang pesat dari Dusun Payung Sekaki menjadi Senapelan sebagai cikal bakal Kota Pekanbaru, Ibukota Provinsi Riau, 23 Juni 2021.***

 

Tersedia 1.190 Formasi PPPK Untuk Guru Honor

Kuansing kebagian 1.197 formasi PPPK. Dari situ, hanya 7 formasi untuk tenaga kesehatan, selebihnya untuk formasi guru. (Foto: Dok Merdeka.com)

Kuansing kebagian 1.197 formasi PPPK. Dari situ, hanya 7 formasi untuk tenaga kesehatan, selebihnya untuk formasi guru. (Foto: Dok Merdeka.com)

M Iqbal Fikri

Kamis, 27 Mei 2021

 

Telukkuantan - serantauriau.news - Kabar gembira bagi guru honor di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau. Pada tahun 2021 ini, pemerintah akan merekrut 1.190 orang untuk diangkat menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kuansing Hendri Siswanto, Kuansing kebagian 1.197 formasi PPPK. Dari situ, hanya 7 formasi untuk tenaga kesehatan, selebihnya untuk formasi guru.

"Mereka yang bisa ikut seleksi PPPK adalah guru honor yang terdaftar dalam data pokok pendidikan (Dapodik). Kalau tak terdaftar, tak bisa ikut seleksi," ujar Hendri, Jumat (21/05/2021) di Telukkuantan. Saat ini, jumlah guru honor yang terdaftar dalam Dapodik lebih dari 2.000 orang.

Dikatakan Hendri, awalnya Pemkab Kuansing juga mengajukan formasi guru melalui jalur CPNS. Namun, hal itu tidak disetujui oleh pemerintah pusat. Untuk CPNS, Kuansing hanya kebagian 167 formasi.

"Kalau PPPK kita ajukan 1.360 formasi dan CPNS 377 formasi. Yang disetujui untuk PPPK sebanyak 1.197 formasi dan CPNS 167 formasi. Kalau CPNS, didominasi tenaga kesehatan sebanyak 141 formasi, selebihnya tenaga teknis," papar Hendri.

Pemkab Kuansing masih menunggu Juklak dan Juknis seleksi CPNS dan PPPK. Jika Juklak dan Juknis sudah sampai, maka BKPP segera mengumumkan penerimaan CPNS tahun 2021 ini.

"Formasi yang disetujui pusat itu baru disampaikan saat meeting zoom. Mereka (pemerintah pusat) menyampaikan rincian formasi yang disetujui untuk Kuansing. Sedangkan Juklak dan Juknis belum ada. Kalau sudah ada, kita langsung umumkan," papar Hendri.

Sembari itu, BKPP Kuansing juga tengah bersiap untuk membentuk panitia penerimaan CPNS dan PPPK. Menurut Hendri, orang yang akan jadi panitia sudah ada, tinggal menyusunnya saja.

"Untuk seleksi, sama dengan tahun lalu, tetap di Kuansing dan kita akan pakai Aula SMAN Pintar," tutup Hendri. (MIF)