Tahniah  Hari Jadi Ke-64 Provinsi Riau, 9 Agustus 2021 dan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2021. Semoga cepat bangkit dan bebas dari belenggu pandemi. Dirgahayu Provinsi Riau! Dirgahayu Republik Indonesia!***

 

Tangki SDO Meledak Renggut 5 Nyawa, KNPI Dumai Kutuk Perusahaan Lalai

Tragisnya ledakan itu merenggut 5 nyawa pekerjanya. Korban  meninggal mengalami luka bakar serius. Ini menjadi catatan buruk dan harus segera mendapat perhatian serius pemerintah dan aparat penegak hukum. (Foto: Dok KNPI Dumai)

Tragisnya ledakan itu merenggut 5 nyawa pekerjanya. Korban meninggal mengalami luka bakar serius. Ini menjadi catatan buruk dan harus segera mendapat perhatian serius pemerintah dan aparat penegak hukum. (Foto: Dok KNPI Dumai)

serantauriau.news

Sabtu, 19 Juni 2021

 

Dumai - serantauriau.news- Dunia perindustrian Provinsi Riau kembali  berduka. Telah terjadi ledakan di pabrik PT SDO,  Lubuk Gaung, Sungai Sembilan, Kota Dumai, Rabu (16/6/2021). Kebakaran terjadi pada tangki TBD3K3 kapasitas 3.000 ton yang berisi cairan fattymeter (oleo dasar) dengan volume cairan yang belum diketahui secara pasti.

Tragisnya kebakaran itu merenggut 5 nyawa pekerjanya. Korban yang meninggal mengalami luka bakar serius. Peristiwa ini menjadi catatan buruk dan harus segera mendapat perhatian serius pemerintah dan aparat penegak hukum. 

Menyikapi peristiwa tersebut DPD KNPI Kota Dumai dengan lantang angkat bicara. Mestinya ledakan tersebut tidak akan terjadi jika perusahaan tidak melakukan kelalaian. Ketua DPD KNPI Dumai Guspian alias Agus Tera sangat menyayangkan kejadian tersebut.

“Kita menduga adanya kejanggalan pada kejadian ledakan tersebut. Namun supaya jelas dan terang benderang, DPD KNPI Dumai desak pihak Polres Dumai dan Disnakertrans Provinsi Riau segera mengungkap proses kronologis ledakan secara terbuka kepada publik agar tidak ada dusta di antara kita," ujar Agus Tera.

Ditambahkan, kejadian meninggalnya 5 pekerja itu menjadi pukulan berat bagi masyarakat Dumai. Pasalnya baru kali ini peristiwa ledakan yang menimbulkan korban jiwa terjadi di Riau. 

“Kita minta Polres Dumai jangan menunggu lama. sudah jelas ada korban meninggal, mestinya Polres Dumai harus bergerak cepat dan segera umumkan siapa yang patut bertanggung jawab,” harap Agus Tera. 

DPD KNPI Dumai mencurigai bahwa peristiwa ledakan tersebut berkaitan dengan lemahnya manajemen K3. Perusahaan harus bertanggung jawab penuh, harus disanksi tegas. "Jika terbukti perusahaan melakukan kelalaian, kita minta hentikan operasionalnya dan jika perlu cabut izin operasionalnya," tukasnya meyakinkan. (Rcy)