serantauriau.news mengucapkan Tahniah Hari Jadi Ke-237 Pekanbaru yang berkembang pesat dari Dusun Payung Sekaki menjadi Senapelan sebagai cikal bakal Kota Pekanbaru, Ibukota Provinsi Riau, 23 Juni 2021.***

 

Jadi Duta Budaya Riau, Datuk Al azhar: Tingkatkan Literasi Riau Dan Budaya Melayu

Al azhar, Ketua Umum MKA LAM Riau. (Foto: Dok MCR)

Al azhar, Ketua Umum MKA LAM Riau. (Foto: Dok MCR)

serantauriau.news

Ahad, 11 Juli 2021

 

Pekanbaru - serantauriau.news - Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) Lembaga Adat Melayu Riau Datuk Seri Al azhar mengatakan, untuk menjadi Duta Budaya Riau harus lebih tingkatkan literasi tentang Riau dan budaya Melayu.

"Untuk menjadi Duta Riau itu memang mau tak mau literasi mengenai Riau dan Budaya Melayu itu harus ditingkatkan," kata Datuk Seri Al azhar di Perkantoran Bandar Sri Melayu Taman Budaya Riau, Sabtu (10/7/2021).

Datuk Seri Al azhar menjelaskan para peserta memerlukan sejumlah keunggulan untuk bahan menjelang ke tingkat nasional seperti salah satunya literasi mengenai pemahaman peserta tentang Riau dan budaya Melayu.

"Menjelang berlayar kalian memerlukan sejumlah keunggulan yaitu sebuah literasi atau pemahaman kalian tentang Riau dan Melayu," ujarnya. 

Selain itu, ia juga memberikan pemahaman kepada peserta untuk melakukan upaya saling memberi pemahaman antara satu peserta dengan peserta lainnya.

"Restiroker yaitu saling memberi, kalian bisa memberikan pemahaman tentang daerah Riau kepada peserta lain dan kalian juga bisa memetik pemahaman dari peserta lain tentang pembahasan ini sehingga setelah nanti berlayar kalian akan menjadi orang yang relatif berbeda dari sebelum kalian berlayar, bedanya mungkin tidak secara fisik tapi secara non-fisik," jelasnya.

Ketua MKA LAM Riau menambahkan kegiatan forum ini merupakan salah satu langkah peserta dalam upaya untuk meningkatkan literasi yang kuat mengenai Riau dan budaya Melayu.

"Itulah sebabnya mengapa forum hari ini kita usulkan agar memiliki literasi yang cukup kuat tentang Melayu dan Riau karena kalian adalah Duta Riau juga tingkatkanlah literasi kalian tentang Riau dan Melayu ini," terangnya. 

Sementara itu seorang peserta, Rani Susanti, merupakan salah satu peserta muhibah budaya jalur rempah mengatakan, pihaknya bersyukur dengan adanya pembekalan ini bisa menjadi motivasi peserta  dalam memberikan yang terbaik buat Provinsi Riau.

"Saya sangat bersyukur dengan adanya pembekalan ini kami menjadi termotivasi untuk memberikan yang terbaik bagi Riau," katanya. 

Ia juga mengungkapkan bahwa para peserta siap menjadi duta jalur rempah perwakilan dari Riau dan akan mempersiapkan bagaimana cara peserta agar meningkatkan literasi sehingga pihaknya dan peserta lainnya bisa menuju tingkat nasional.

"Tugas kami lima kandidat Duta Riau untuk belajar bagaimana caranya agar kami bisa mendapatkan literasi-literasi yang dapat kami bawa jalur nasional. Kami berlima siap untuk menjadi duta jalur rempah perwakilan dari Riau," tambahnya.

Ia berharap melalui kegiatan seperti forum ini dapat terus diadakan dan wawasan terkait jalur rempah Riau dapat terus dikaji ulang kembali. 

"Kami berharap kegiatan ini dapat terus-menerus diadakan. Saya berharap jalur rempah Riau dikaji ulang kembali dan insyaallah akan ada iven di Riau," harapnya. (Mediacenter Riau/nb)