Tahniah  Hari Jadi Ke-64 Provinsi Riau, 9 Agustus 2021 dan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2021. Semoga cepat bangkit dan bebas dari belenggu pandemi. Dirgahayu Provinsi Riau! Dirgahayu Republik Indonesia!***

 

Bupati Wacanakan ASN Wajib Pakai Batik Kuansing, Permintaan Semakin Meningkat

Sejak diwacanakan oleh Bupati Kuantan Singingi Andi Putra SH MH di  mana ASN wajib memakai baju Batik Kuantan Singingi pada hari tertentu yang akan diatur Perbup,sangat signifikan terhadap peningkatan permintaan masyarakat kepada sentra-sentra kelompok Batik Kuantan Singingi. (Foto: Dok HRP).

Sejak diwacanakan oleh Bupati Kuantan Singingi Andi Putra SH MH di  mana ASN wajib memakai baju Batik Kuantan Singingi pada hari tertentu yang akan diatur Perbup,sangat signifikan terhadap peningkatan permintaan masyarakat kepada sentra-sentra kelompok Batik Kuantan Singingi. (Foto: Dok HRP).

serantauriau.news

Ahad, 11 Juli 2021

 

Telukkuantan - serantauriau.news - Sejak disampaikannya wacana oleh Bupati Kuantan Singingi Andi Putra SH MH do mana ASN wajib memakai baju Batik Kuantan Singingi pada hari tertentu yang akan diatur Peraturan Bupati (Perbup) membawa pengaruh sangat signifikan terhadap peningkatan permintaan masyarakat kepada sentra-sentra kelompok Batik Kuantan Singingi.

Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagrin) Drs Azhar MM menyatakan hal itu kepada awak media, Ahad (11/07/2021) pagi di Telukkuantan.

Azhar mengatakan, hal itu diketahuinya saat meninjau kelompok Batik Jalur Batik Nagori yang berlokasi di Jalan Utama Desa Pisang Berebus, Kecamatan Gunung Toar pada Sabtu kemarin (10/07/2021).

"Luar biasa peningkatan permintaan konsumen terhadap kain batik khas Kuantan Singingi yang diproduksi oleh kelompok-kelompok batik kita," ujar Azhar.  

Terjadi peningkatan permintaan yang sangat signifikan terhadap produksi Batik Kuansing. Kata Azhar, tidak tanggung-tanggung, sampai 300 persen peningkatan permintaan dari biasanya, terang Azhar. Tentu ini akan berdampak juga kepada peningkatan ekonomi masyarakat terutama para pembatik.

Sementara itu Ketua Kelompok Batik Jalur Batik Nagori Surma Yanti yang biasa dipanggil Sura membenarkan terjadinya peningkatan permintaan yang luar biasa terhadap produksi batik. Saat ini sudah ada kurang lebih 1.000 lembar yang indent permintaan konsumen untuk kita produksi, kata Sura kepada awak media, Ahad siang (11/07/2021).

"Saat ini kita baru memiliki tenaga pembatik di Kelompok Batik Jalur Batik Nagori sebanyak 23 orang, dan kita masih membutuhkan tambahan tenaga pembatik lagi sebanyak 20 orang," lanjut Sura.

Untuk itu Sura berharap kepada  remaja maupun kaum ibu untuk bergabung dengan kelompok batik, baik yang sudah memiliki sertifikat keahlian membatik maupun yang belum memiliki sertifikat, untuk yang belum bisa membatik nanti akan kita ajarkan, terang Sura.

Untuk mengantisipasi kekurangan tenaga pembatik, Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi melalui Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian telah berkirim surat ke Balai Diklat Industri Padang.

"Agar ditahun 2022 Kabupaten Kuantan Singingi diberikan kesempatan lagi mengikuti pelatihan membatik sebanyak 4 angkatan atau sebanyak 240 orang, dan kita akan tumbuh kan kelompok batik ini di setiap kecamatan," ujar Azhar mengakhiri. (HRP)