serantauriau.news mengucapkan Tahniah Hari Jadi Ke-237 Pekanbaru yang berkembang pesat dari Dusun Payung Sekaki menjadi Senapelan sebagai cikal bakal Kota Pekanbaru, Ibukota Provinsi Riau, 23 Juni 2021.***

 

Optimalkan Air Irigasi P3A Lintah Jalang Kunci Tingkatkan Produktivitas

Peningkatan kualitas jaringan irigasi tersier terus dilakukan untuk mengatasi kekeringan di musim kemarau, di Desa Petapahan, Kecamatan Gunung Toar. (Foto: Dok Rie Riski Hidayat)

Peningkatan kualitas jaringan irigasi tersier terus dilakukan untuk mengatasi kekeringan di musim kemarau, di Desa Petapahan, Kecamatan Gunung Toar. (Foto: Dok Rie Riski Hidayat)

serantauriau.news

Senin, 19 Juli 2021

Gunung - serantauriau.news - Pengelolaan irigasi tersier memerlukan peran Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) sebagai lembaga atau kelompok petani di pedesaan yang handal dan berperan penting dalam pengelolaan, pemanfaatan, dan pemeliharaan air irigasi.

Hal ini merupakan program rehabilitasi, peningkatan atau pembangunan jaringan irigasi berbasis peran serta masyarakat petani secara swakelola. Peningkatan kualitas jaringan irigasi tersier ini terus dilakukan untuk mengatasi kekeringan di musim kemarau. Seperti di Desa Petapahan, Kecamatan Gunung Toar, P3A Lintah Jalang merupakan penerima bantuan tersebut pada tahun anggaran 2021.

Penyediaan air irigasi selama masa tanam kemarau mengandalkan pasokan air dari saluran skunder yang ada. Jaringan air yang lancar menyokong produksi padi di wilayah tersebut menjadi stabil.

Dan jaringan irigasi ini mampu mengairi lahan seluas lebih dari 15 hektar. Peningkatan fasilitas jaringan irigasi pun dilakukan sepanjang 500 meter dengan menambah jaringan yang sudah ada. "Sementara, alhamdulillah, kegiatan yang kami terima telah diselesaikan sesuai dengan waktu yang disepakati berdasarkan kontrak selama 90 hari kalender dengan capaian yang memuaskan,” ungkap Nurman, Ketua P3A Lintah Jalang.

“Kami sebagai petani sangat bersyukur dengan adanya kegiatan ini. Kami juga berharap kegiatan ini dapat terus berlangsung untuk meningkatkan kualitas jaringan irigasi sehingga air dapat mengaliri sawah secara optimal," papar Nurman.

Di tempat terpisah, Kepala Desa Petapahan Syafrilis sangat mendukung program pemerintah tersebut. Menurut dia P3A Lintah Jalang merupakan salah satu program infrastruktur pemerintah yang dapat dirasakan langsung manfaatnya baik secara fisik dan non-fisik, memperkuat infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar. “P3-TGAI dilaksanakan secara padat karya melalui pemberdayaan masyarakat petani secara partisipatif, terencana dan sistematis," kata dia, Senin (19/7/2021).

"Sehubungan dengan perkembangan pandemi Covid-19, kegiatan ini sangat membantu dalam memacu pertumbuhan ekonomi, karena berbasis Padat Karya Tunai yang bertujuan mendistribusikan dana hingga ke pelosok desa," pungkasnya. (Rie Riski Hidayat ST)