Tahniah  Hari Jadi Ke-64 Provinsi Riau, 9 Agustus 2021 dan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2021. Semoga cepat bangkit dan bebas dari belenggu pandemi. Dirgahayu Provinsi Riau! Dirgahayu Republik Indonesia!***

 

Kukerta Unri Buat Minuman Herbal Jahe Merah Sebagai Antibodi Saat Pandemi

Mahasiswa Kukerta Unri Desa Kampung Medan, melalui sebuah program pengabdian masyarakat melakukan sosialisasi pembuatan obat herbal dari jahe merah sebagai antibodi di saat pandemi Covid-19. (Foto: Dok Ist)

Mahasiswa Kukerta Unri Desa Kampung Medan, melalui sebuah program pengabdian masyarakat melakukan sosialisasi pembuatan obat herbal dari jahe merah sebagai antibodi di saat pandemi Covid-19. (Foto: Dok Ist)

M Iqbal Fikri

Jumat, 20 Agustus 2021

 

Baserah - serantauriau.news - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau (Unri) Desa Kampung Medan, melalui sebuah program pengabdian masyarakat melakukan sosialisasi pembuatan obat herbal dari jahe merah sebagai antibodi di saat pandemi Covid-19. Acara dilaksanakan di Kantor Desa Kampung Medan  Kecamatan Kuantan Hilir, Rabu (14/07/2021).

Virus Korona diketahui menyerang sistem kekebalan tubuh manusia yang dapat ditularkan dari orang ke orang. Kondisi ini menimbulkan kecemasan dan kekhawatiran dalam diri akibat virus Korona, sehingga perlu mempertahankan kondisi tubuh dengan imun yang kuat agar dapat mencegah Covid-19. 

Salah satu yang menjadi pilihan adalah rempah herbal. Rempah herbal yang paling populer adalah jahe. Jahe merah ini dapat menjaga sistem imun tubuh dan juga berfungsi sebagai antiinflamasi dan antioksidan yang tinggi karena kandungan vitamin C-nya yang mampu mencegah terjadinya peradangan paru-paru.

Pengembangan jahe menjadi produk minuman dan makanan olahan sehat dapat meningkatkan penjualan bahan baku petani jahe, meningkatkan pendapatannya, membantu warga dalam mencegah Covid-19. 

Produk ini dapat dikonsumsi guna peningkatan gizi masyarakat dan dapat dipasarkan langsung ke masyarakat. Sehingga dapat menjadi alternatif sumber pendapatan ekonomi bagi masyarakat dan secara tidak langsung ikut mendukung program pemerintah dalam hal mengurangi dampak Covid-19.

Jahe merah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan sering digunakan sebagai tanaman obat. Ada beberapa manfaat jahe merah yaitu menjaga daya tahan tubuh dan juga memiliki efek antiinflamasi  dan antioksidan, yang bisa membantu meredakan gejala penyakit peradangan. Jahe merah juga digunakan sebagai obat pencegah masalah pencernaan. (MIF)