Tahniah  Hari Jadi Ke-64 Provinsi Riau, 9 Agustus 2021 dan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2021. Semoga cepat bangkit dan bebas dari belenggu pandemi. Dirgahayu Provinsi Riau! Dirgahayu Republik Indonesia!***

 

Hadirkan Internet Berkualitas - Terjangkau, Bupati Kuansing Apresiasi Kerja Sama BUM Desa & PT Digital Arta Nusantara

Bupati Kuansing Andi Putra SH MH ketika menerima audiensi Konsorsium Internet Satelit Desa dan Pemberdayaan Potensi Desa, di Kantor Bupati Kuansing, Senin (30/8/2021). (Foto: Dok ABBS)

Bupati Kuansing Andi Putra SH MH ketika menerima audiensi Konsorsium Internet Satelit Desa dan Pemberdayaan Potensi Desa, di Kantor Bupati Kuansing, Senin (30/8/2021). (Foto: Dok ABBS)

Abu Bakar Siddik

Senin, 30 Agustus 2021

Telukkuantan - serantauriau.news - Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Andi Putra SH MH menyambut baik kehadiran Internet berkualitas dengan harga terjangkau bagi masyarakat sampai ke pelosok desa yang diprakarsai oleh PT Digital Arta Nusantara bekerja sama dengan BUM Desa se-Kabupaten Kuansing.

Selain menyambut baik rencana mulia tersebut, bupati juga memberi apresiasi terhadap tiga desa di Kuansing yang menjadi pilot project Internet Satelit Desa (ISD) untuk mendukung Program Riau Digital Pemerintah Provinsi Riau.

Ketiga desa yang menjadi model percontohan itu adalah Desa Sungai Buluh, Desa Muara Bahan, dan Desa Sumber Jaya di Kecamatan Singingi Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi.

Bupati Andi Putra ketika menerima audiensi Konsorsium ISD menjelaskan bahwa di era global sekarang ini, internet sudah menjadi kebutuhan mendesak. Apalagi di masa pandemi sekarang ini, semua urusan pelayanan pemerintah kepada publik dan pendidikan kita mengandalkan Daring.

"Semua itu, memerlukan jaringan internet yang amat dibutuhkan masyarakat kami Pak. Masih banyak desa yang belum terjangkau, kasihan sekali. Misalnya di Desa Air Buluh, perbatasan Kecamatan Kuantan Mudik dengan Pucuk Rantau. Desanya di lembah sebalik bukit. Setiap hari anak-anak sekolah harus turun-naik bukit untuk mendapatkan signal internet," papar Andi lirih.

Karena itu, bupati melalui Dinas Sosial dan PMD selaku Pembina BUM Desa diminta pro-aktif untuk mewujudkan program kerja sama seperti ini. "Agar masyarakat kita terbantu untuk mendapatkan jaringan internet yang harganya terjangkau," ungkap Bupati Kuansing.

Kepada Bupati Kuansing; Dirut PT Digital Arta Nusantara Christian bersama Konsorsium Adi Wibowo dan Asep Ruskandar dari PT Arta Comindo membentangkan rencana detail kerja sama dengan BUM Desa Se-Provinsi Riau.

"Konsorsium ini datang bukan sekedar menawarkan jaringan internet, tetapi kerja sama ini adalah model pemberdayaan ekonomi masyarakat pedesaan, membina UMKM serta promosi wisata menggunakan internet sebagai sarana telekomunikasi," tutur Christian.

Pada kesempatan itu, Asep Ruskandar yang juga Dirut PT Arta Comindo menyatakan bahwa program ini sengaja digagas dari desa dengan membangun sejumlah percontohan dari berbagai kabupaten di Riau.

Dijelaskan, seperti Kuansing dan Kampar sudah dibangun 5 pilot project dan telah berfungsi. Inhu baru tanda tangan MoU dan akan diikuti Kabupaten Inhil dan Bengkalis yang eksposenya dilakukan Kamis (2/9/2021) di Tembilahan dan Jumat (3/9/2021) ekspose di Bengkalis.

"Sedangkan Siak, Meranti, Pelalawan, Rohul dan Rohil, kami masih melakukan pendekatan. Hasil inilah yang akan kami ekspose kepada Gubernur Riau di depan Bappeda, Kadis Kominfo, Kadis PMD dan sejumlah OPD terkait tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota Se-Provinsi Riau secara virtual, pada Rabu besok (1/9/2021)," ungkap Direktur PT Digital Arta Nusantara ini. (ABBS)