Tahniah  Hari Jadi Ke-64 Provinsi Riau, 9 Agustus 2021 dan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2021. Semoga cepat bangkit dan bebas dari belenggu pandemi. Dirgahayu Provinsi Riau! Dirgahayu Republik Indonesia!***

 

Tepak Sirih Sudah Diterima, Insya Allah Bang Menteri Akan Datang ke Pelalawan"

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno ketika menerima tepak-pinangan utusan Sultan Pelalawan dipimpin Datuk Seri Tengku Zulmizan F Assagaff, Ketua Umum DPH Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Pelalawan dan juga Datuk Bendahara Kesultanan Pelalawan. (Foto: Dok Ist)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno ketika menerima tepak-pinangan utusan Sultan Pelalawan dipimpin Datuk Seri Tengku Zulmizan F Assagaff, Ketua Umum DPH Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Pelalawan dan juga Datuk Bendahara Kesultanan Pelalawan. (Foto: Dok Ist)

Serantau Riau

Jumat, 17 September 2021

 

Pangkalankerinci - serantauriau.news - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno telah menyatakan kesediaan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Pelalawan dalam waktu dekat. 

Agenda utama Menparekraf yang akrab disapa "Bang Menteri" itu meninjau destinasi wisata Bono di Kecamatan Telukmeranti yang telah menjadi ikon wisata Kabupaten Pelalawan dan Provinsi Riau, serta dijadwalkan menghadiri Upacara Adat Penabalan Akbar di Istana Sayap Kesultanan Pelalawan.

Seperti dijelaskan Datuk Seri Tengku Zulmizan F Assagaff, Ketua Umum DPH Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Pelalawan, kepada   serantauriau.news,   Jumat (17/9/2021), undangan untuk Bang Menteri terbilang sangat istimewa, melibatkan tiga institusi berwibawa, yaitu: Sultan Pelalawan, LAMR Kabupaten Pelalawan dan Pemdakab Pelalawan sendiri.

"Komunikasi hajatan ini telah dijalin cukup lama dan pihak Sandi memberi respon positif, tetapi selama ini terpaksa ditunda karena kondisi pandemi Covid-19 yang masih berat," ungkap Zulmizan yang bergelar Datuk Bendahara Kesultanan Pelalawan ini.

Upacara Adat Akbar yang akan ditaja di Istana Sayap Kesultanan Pelalawan, kata dia, adalah:

1. Penabalan Anugerah Gelar Adat dari Sultan Pelalawan kepada Tuan Sandiaga Salahuddin Uno;

2. Penabalan Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan sebagai Datuk Setia Amanah Masyarakat Adat dan Timbalan;

3. Penabalan Perangkat Kerabat Kesultanan Pelalawan yang baru-baru ini diangkat oleh Sultan. 

"Ketiga penabalan akan taja dalam suatu rangkaian upacara adat akbar yang akan didahului dengan upacara adat  "Togak Tonggol dan Payung Panji Adat", even istiadat lokal yang telah diakui secara nasional sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) dari Kabupaten Pelalawan," ungkap Datuk Seri Zulmizan. 

"Kesan kami, Sultan Pelalawan X Assayyidis Syarif Kamaruddin Haroen Tengku Besar Pelalawan sangat berharap Bang Menteri bisa hadir di Istana Sayap, selain agenda melihat Bono. Karena harapan yang besar itulah Sultan sampai berhajat akan memberi anugerah gelar adat yang istimewa untuk Bang Menteri yang merupakan Putera kelahiran Riau tersebut," ungkap Ketua Umum DPH LAMR Pelalawan ini. 

Selain mengirim surat resmi, Sultan juga sengaja mengutus tim khusus dari kerabat kesultanan menghadap Sandi, dipimpin langsung oleh Datuk Seri Tengku Zulmizan yang selain Ketua Umum DPH LAMR Kabupaten Pelalawan juga adalah Datuk Bendahara Kesultanan Pelalawan, didampingi DR Ir H Tengku Edy Sabli MSi (Datuk Mangkubumi), Ir H Tengku Wahidudin MSi (Tengku Dalam) dan Ir H Tengku Zuhelmi, MSi (Datuk Biduando).

Dengan berpakaian adat lengkap dengan tepak sirih, utusan Sultan sengaja bertemu Sandi dalam suatu upacara adat yang disebut "merisik" dan  "meminang" di sela-sela kunjungan menteri ke Gerai Sentra Budaya Ekonomi Kreatif Melayu Riau di Kawasan Balai Adat Melayu Riau, Ahad (12/9/2021). 

"Alhamdulillah tepak sirih yang dipersembahkan sebagai simbol pinangan telah diterima dengan baik oleh Bang Menteri. Secara adat hal itu merupakan isyarat yang bermakna Beliau berkenan dan menerima hajat yang disampaikan, dalam hal ini meminang untuk dianugerahkan gelar adat oleh Sultan. Beliau menyatakan sangat tersanjung atas atensi dan kepercayaan itu, serta mengucapkan terima kasih dan berkirim salam Kepada Duli Yang Mulia Sultan Pelalawan," papar Datuk Seri Zulmizan. 

Kemudian, dalam prosesi adat yang juga dihadiri oleh Gubernur Riau Syamsuar, Pucuk Pimpinan LAM Riau dan tokoh-tokoh lainnya, Sandi juga menyatakan kesediaannya untuk menghadiri 'jemputan agung' ke Istana Sayap selain meninjau Bono, dan minta para pihak segera mendiskusikan waktu pelaksanaan yang tepat.

Dijelaskan pula, mengenai rencana jadwal kegiatan, dalam surat undangan kami telah mengajukan usulan  tanggal 23-24 Oktober 2021. Pertimbangannya pada waktu tersebut gelombang Bono diprediksi sedang pada puncak besar karena bertepatan dengan air pasang purnama penuh (fullmoon) bulan Rabbiul Awwal 1443 H.

"Tentu kami sangat berharap jadwal kunjungan Bang Menteri akan sesuai rencana, namun kami siap saja menyesuaikan, yang penting Bang Menteri jadi berkunjung ke Pelalawan," paparnya.

Sempena dengan itu, Datuk Seri Zulmizan mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Pelalawan turut berdoa semoga hajat besar ini berjalan lancar sesuai harapan dan disampaikan oleh Allah SWT. Dan juga semoga situasi pandemi Covid-19 semakin kondusif, kurvanya pun kian melandai, sehingga tidak lagi akan menjadi aral melintang. (*/SRN)