Tahniah  Hari Jadi Ke-64 Provinsi Riau, 9 Agustus 2021 dan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2021. Semoga cepat bangkit dan bebas dari belenggu pandemi. Dirgahayu Provinsi Riau! Dirgahayu Republik Indonesia!***

 

Syukuran, Artacom Serahkan Pilot Project Internet Satelit Desa Kepada Konsorsium DiLAN

Suasana Ekspose IsaDes dan Imades oleh Dirut PT DiLAN Christian Kent, pelaksanaan syukuran serta serah terima lima Pilot Project dari PT Arta Comindo kepada Konsorsium PT DiLAN, Jumat (8 Oktober 2021) di Desa Sungaibuluh. (Foto: Dok DiLAN TECHNOLOGIES)

Suasana Ekspose IsaDes dan Imades oleh Dirut PT DiLAN Christian Kent, pelaksanaan syukuran serta serah terima lima Pilot Project dari PT Arta Comindo kepada Konsorsium PT DiLAN, Jumat (8 Oktober 2021) di Desa Sungaibuluh. (Foto: Dok DiLAN TECHNOLOGIES)

Abu Bakar Siddik

Jumat, 08 Oktober 2021

 

Sungaibuluh - serantauriau.news - Di Kantor Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Amanah Sejahtera Sungaibuluh, Kecamatan Singingi Hilir; Kabupaten Kuantan Singingi, Jumat (8/10/2021) dilakukan serah terima Pilot Project dari PT Arta Comindo (Artacom) kepada PT Digital Arta Nusantara (PT DiLAN).

Serah terima itu dikemas dalam suatu acara syukuran yang disambut oleh Kades Sungaibuluh Imam Suroyo bersama Dir BUM Desa Junaidi yang dihadiri oleh sejumlah BUM Desa yang menjadi Pilot Project maupun sejumlah BUM desa se-Antau Singingi yaitu Kecamatan Singingi dan Singingi Hilir.

BUM Desa Sungaibuluh merupakan salah satu BUM Desa Pilot Projectnya PT Arta Comindo dalam program “Pemberdayaan Potensi Desa Melalui Jaringan Telekomunikasi”. 

Sempena dengan itu telah dilakukan kegiatan serah terima salah satu Program Internet Satelit Desa dari Artacom oleh Project Manager  Yusri Arifin kepada Direktur Utama Konsorsium PT Digital Arta Nusantara (DiLAN) Cristian Kent, disaksikan oleh 5 Direktur Utama BUM Desa Pilot Project.

Konsorsium PT Digital Arta Nusantara (DiLAN) adalah perpaduan tiga perusahan yang terdiri dari PT Arta Comindo (Dirut Asep Ruskandar), ICT Solution (Dirut Christian Kent), PT RBS (Dirut Adi Wibowo). 

Kelima BUM Desa yang sudah dibangun dan menjadi andalan Pilot Project PT Arta Comindo di Provinsi Riau adalah  BUM Desa Sungaibuluh, BUM Desa Muara Bahan , BUM Desa Sumber Jaya, BUM Desa Tanjung Alai dan BUM Desa Kuapan, yang berada di Kabupaten Kuantan Singingi dan Kabupaten Kampar. Kelima BUM Desa Pilot Project tersebut diharapkan menjadi Pilot Project Provinsi Riau serta untuk provinsi lainnya di Sumatera.

Asep Ruskandar kepada   serantauriau.news  menyebutkan, serah terima Program Internet Satelit Desa dari PT Arta Comindo (Artacom) kepada Konsorsium PT Digital Arta Nusantara (DiLAN) merupakan inisiatif dan gagasan PT Arta Comindo untuk meningkatkan peranan dan implementasi program tersebut sesuai analisa terhadap animo kebutuhan BUM Desa dan Masyarakat Riau terhadap kebutuhan jaringan Internet saat ini.

"Serta yang paling penting dalam rangka mengimbangi dan men-support Program Riau Digital yang dicanangkan oleh Pak Gubernur Riau Drs H Syamsuar M.Si. bekerja sama dengan Diskominfo Provinsi Riau, Chairul Rizki," ungkap Asep yang juga Dirrktur Operasional DiLAN.

Dijelaskan, salah satu Program Internet Satelit Desa, atau yang disingkat IsatDes adalah program kerja sama yang dibangun antara PT Arta Comindo dengan BUM Desa se-Provinsi Riau yang dimulai pada bulan Februari 2021, dengan ditandai pembangunan IsatDes di salah satu BUM Desa yang ada di Kabupaten Kampar.

Kemudian melalui Inisitif bidang Bussines Development Zulhaidi, program tersebut dilanjutkan di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) bekerja sama dengan salah satu BUM Desa Bersama (BUM Desma) yang berhasil di Kabupaten Kuansing di bawah pimpinan Qosyim Rosyidi.

"Dengan serah terima program ini kepada Konsorsium PT Digital Arta Nusantara (DiLAN), maka melalui Direktur Utama Pak Christian Kent serta dibantu mitra kerja sama yang telah dibentuk serta di bawah bimbingan Pak Abu Bakar Siddik selaku Regulation & Policy Advisor (RPA) dibantu Pak Zulfan Effendi serta Ibu Rina D Hasan selaku Marketing, akan segera melanjutkan Program IsatDes dan Internet Masuk Desa (ImaDes) secara berkesinambungan dengan harapan seluruh Masyarakat Riau menikmati Internet Satelit Desa PT DiLAN dan terciptanya Ekspose Potensi Desa melalui Jaringan Internet Satelit Desa yang akan dibangun di 1591 desa serta terelisasinya Program Riau Digital di tahun 2022," tambah Asep. (ABBS)