serantauriau.news mengucapkan Tahniah Hari Jadi Ke-237 Pekanbaru yang berkembang pesat dari Dusun Payung Sekaki menjadi Senapelan sebagai cikal bakal Kota Pekanbaru, Ibukota Provinsi Riau, 23 Juni 2021.***

 

Jembatan Baserah Terancam Ambruk

Kondisi Jembatan Baserah yang mengkhawatirkan, terancam roboh.( Foto: Jon Hendri )

Kondisi Jembatan Baserah yang mengkhawatirkan, terancam roboh.( Foto: Jon Hendri )

M Iqbal Fikri

Kamis, 14 Desember 2017

Baserah - serantauriau.news - Jembatan penghubung Kecamatan Kuantan Hilir dan Kuantan Hilir Seberang kini terancan ambruk. 

Pasalnya, jembatan yang santer disebut masyarakat sebagai jembatan Firdaus Malik ini kian memprihatinkan. Dikarenakan tebing yang berada tepat di bawah jembatan itu kini semakin terkikis dan nyaris merengkuh tonggak jembatan.

Kerisauan itu diungkapkan Kades Pulau Kijang Hardiamon kepada wartawan di Baserah, Kamis (14/12/2017).

"Kondisi tebing ini kian memprihatinkan ditambah lagi intensitas curah hujan yang cukup tinggi, dan juga muatan pengangkut alat-alat berat untuk pembangunan tribun finish pacu jalur, menambah cepat ambruknya jalan tersebut.

Menurut Kades, pengajuan turap pengaman tebing untuk perbaikan kawasan di pangkal jembatan sudah diperjuangkan  bertahun-tahun disampaikan, namun tak kunjung terkabul.

"Tidak hanya kepada pihak Pemprov Riau, kepada pihak Pemkab Kuansing dalam setiap Musrenbang dari 2014 selalu kita minta diperbaiki" kata Hardiamon.

Kades berharap, seluruh stakeholder, baik Pemrov maupun Pemkab mestinya memberikan perhatian lebih. Sebab jembatan ini penghubung dua kecamatan, dan berhadapan betul dengan arena pacu jalur Baserah. "Percuma dibangun kalau tak siap untuk mempertahankan," kata Kades dua periode itu dengan nada kecewa.

Sejatinya jembatan yang diresmikan Gubernur Rusli Zainal bersamaan dengan Jembatan Siak III pada  2013 ini mendapat perhatian. Hingga kini Jembatan Baserah belum diberi nama secara resmi.(MIF)